Sinopsis Film Horor Sengkolo Malam Satu Suro

Film horor memang akan terasa semakin mencekam ketika melibatkan tradisi dan legenda daerah. Begitulah yang diangkat dalam film Sengkolo Malam Satu Suro.

Sengkolo Malam Satu Suro sendiri berarti malam 1 Muharram.

Malam satu suro memang erat dihubungkan dengan cerita mistis. Dan ada beberapa film yang berfokus pada kisah tersebut.

Sengkolo Malam Satu Suro terinspirasi dari berbagai cerita yang dipercayai masyarakat Jawa khususnya pada malam tahun baru Hijriyah. Yang di Jawa disebut Suro. Dan memiliki kekeramatan tinggi.

Sengkolo sendiri dalam khasanah budaya Jawa merupakan entitas negatif yang sering menghantui manusia dan dipercaya membawa kesialan dan malapetaka.

Entitas negatif itu diceritakan mengintai orang-orang yang memiliki weton Senin Pahing, Selasa Legi, Kamis Pon, Jumat Pahing, dan Sabtu Kliwon. Untuk dijadikan mangsa setiap malam 1 Muharram.

Film ini disutradarai oleh Hanny R Saputro, dan dibintangi para aktor dan aktris berbakat Indonesia. Seperti Donny Alamsyah, Anantya Kirana, Fauzan Nasrul, Kenya Nindia, Dasha March, Nesia Weroza Puspa, Rahmet Ababil, dan Dayinta Melira.

Sengkolo Malam Satu Suro sendiri berfokus pada kisah seorang pemandi jenazah bernama Ibrahim (diperankan oleh Donny Alamsyah).

Suatu hari ia memutuskan berhenti dari profesinya karena keluarganya meninggal.

Kemudian satu keluarga di desa Ibrahim tinggal yakni keluarga Pak Nugroho ditemukan meninggal dunia dengan kondisi jenazah yang tak lazim. Mereka tergeletak di setiap sisi rumah.

Merasa ada yang janggal dengan kematian keluarga kaya di desa tersebut, para warga mulai meyakini bahwa Pak Nugroho sekeluarga meninggal akibat ilmu hitam.

Karena tidak ada satu warga pun yang bersedia memandikan jenazah, kepala desa akhirnya meminta bantuan Ibrahim.

Walau pada awalnya Ibrahim terlihat enggan membantu, ia akhirnya menuruti permintaan kepala desa.

Satu tahun berlalu, akhirnya Ibrahim menemukan petunjuk kematian keluarganya, ia pun mulai mencari tahu fakta-fakta lainnya.(*)

Film terbaru