Sinopsis Film Lafran, Perjuangan Pendiri HMI

Jika Anda anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Anda wajib menonton film Lafran. Sebab Lafran Pane merupakan pendiri HMI, film ini pun menceritakan perjuangannya dalam mendirikan organisasi tersebut.

Film Lafran diproduksi KAHMI dan Reborn Initiatives.

Adapun film ini berfokus pada kisah Prof. Drs. Lafran Pane, salah satu pendiri HMI.

Sejak balita, Lafran telah ditinggal oleh dua perempuan tercinta, yaitu sang Ibu dan Nenek. Ibunya meninggal saat Lafran berusia 2 tahun. Beberapa tahun kemudian neneknya menyusul.

Kondisi kehilangan orang-orang tercinta membuat Lafran kehilangan arah hidup. Apalagi sang ayah, Sutan Pangurabaan adalah tokoh pergerakan di Sumatera Utara. Hal ini membuatnya sering berpergian.

Lafran kecil pun seringkali harus tinggal bersama kakaknya.

Di usia yang masih muda, Lafran jadi pemberontak terhadap kondisi ketidakadilan yang menuntut ia harus pindah ke berbagai sekolah.

Lafran bahkan sempat jadi petinju jalanan.

Kakak Lafran yakni Sanusi Pane dan Armijn Pane, berusaha mendorong Lafran agar energi pemberontakkannya diubah dalam bentuk karya.

Sehingga Lafran hijrah dari Tapanuli Selatan ke Jakarta dan Yogyakarta yang membuat cara pandangnya berubah.

Disana, ia menemukan idealismenya menguat. Sifat membela kaum lemah dalam dirinya pun semakin terlihat. Bahkan saat pendudukan Jepang, Lafran sempat ditahan karena membela para peternak sapi.

Dia dibebaskan, setelah ayahnya menebus dengan menyerahkan bus Sibual-buali kepada tentara Jepang.

Sejak itu, Lafran begitu antusias terlibat dalam berbagai arus gerakan kemerdekaan termasuk para pemuda yang mendorong Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI.

Semasa kuliah di Yogyakarta, Lafran gundah oleh keberadaan kaum muslim terpelajar yang terlalu larut dalam pemikiran sekular. Mereka sering melupakan ibadah utama.

Maka kemudian lahirlah gagasan mendirikan HMI, yang berjuang dalam bingkai keislaman, keindonesiaan.

Disitulah diceritakan bagaimana perjuangan Lafran ditengah tentanganorganisasi massa Islam yang sudah ada. Apalagi resistensi yang diakukan gerakan kelompok sosialis.

Dari semua pertentangan dan gesekan yang dihadapi, Lafran berketepatan hati menegakkan HMI.

Daftar Pemeran Film Lafran

Dimas Anggara

Mathias Muchus

Ariyo Wahab

Lala Karmaela

Alfie Alfandi

Ratna Riantiarno

Farandika

Nabil Lunggana. (*)

 

 

Film terbaru