Keren! Ini 5 Film Indonesia dengan Tema Perempuan

Filmnesia- Hari ini, warga Indonesia khususnya para perempuan merayakan hari Kartini. Hari Kartini merupakan tonggak sejarah pemberdayaan perempuan di tanah air.

Perjuangan perempuan Indonesia sangat menarik dibahas sehingga banyak film yang mengangkat isu tersebut.

Nah, bagi kalian pecinta film, jika ingin menonton film dengan tema perempuan silakan simak rekomendasi judul film di bawah ini.

1. Yuni

Film yang dibintangi oleh Arawinda Kirana ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan memenangkan Platform Prize di ajang Toronto International Film Festival (TIFF) 2021! Tentu saja kemenangan film ‘Yuni’ ini karena sang sutrada kondang Kamila Andini sukses menyajikan perspektif baru pada kisah hidup remaja perempuan dan pengemasan sinematografi yang apik. Di Indonesia sendiri film ini juga meraih kesuksessan, karena banyak yang beranggapan film ini menyajikan sudut cerita yang fresh dan relevan dengan keadaan masa kini.

2. Kartini

Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita Nugraha, dan Christine Hakim adalah deretan nama dari aktris berbakat Indonesia yang membintangi film ‘Kartini’. Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan perjalanan hidup dari R.A Kartini dan film yang dirilis pada tahun 2017 ini merupakan adaptasi dari film R.A Kartini pada tahun 1984. Tentu saja, film ini sangat cocok untuk kamu tonton di Hari Kartini!

3. Dua Hati Biru

‘Dua Hati Biru’ merupakan film sequel, tapi nggak perlu khawatir bingung sama jalan ceritanya meski kamu belum nonton ‘Dua Garis Biru’. Film yang menyorot perjalanan dua orang tua muda ini baru saja tayang pada tanggal 17 April 2024 di bioskop dan menurut FD Babes yang sudah nonton filmnya, ada banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik, terutama bagaimana peran perempuan yang melewati transisi hidup dari seorang anak menjadi ibu. Nggak mau spoiler terlalu banyak, kamu segera tonton di bioskop ya untuk lihat akting keren Angga Yunanda dan Aisha Nura Datau!

4. Before, Now, and Then

Film ini berlatarkan tahun 1960-an dan dibintangi oleh Happy Salma dan Laura Basuki. Selain diperankan oleh aktris berbakat tanah air, film ini juga diproduksi oleh Kamila Andini! Rilis di tahun 2022, film ini fokus menceritakan bagaimana posisi, dampak, dan usaha yang dilakukan oleh perempuan saat terjadi perang di suatu daerah. Dengan mengangkat tema ini, film ‘Before, Now & Then’ terpilih untuk tayang di Berlin International Film Festival (Berlinale) 2022 dan membawa Laura Basuki memenangkan penghargaan Silver Bear for Best Supporting Perfomance dalam Berlinale 2022. Keren, ya?

5.Perempuan Berkalung Sorban

Last but not least, ada film ‘Perempuan Berkalung Sorban’ yang dibintangi oleh Revalina S. Temat dan Reza Rahadian. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul serupa karya Abidah Elkhalieqy. Bercerita mengenai kehidupan seorang perempuan di lingkungan pesantren dan bagaimana ia memperjuangkan kebebasan perempuan menggunakan nilai-nilai agama sebagai acuannya.

Film terbaru